Kamis, 17 Agustus 2017/24 Zulqaidah 1438 H|12:43 WIB
Anda berada di: Berita
Banner Atas

Berita

Pembangunan Lanjutan Pasar Modern dialokasikan Dari APBD Rp 5 Milyar

Painan,Juni--Peningkatan sarana dan prasarana di Kawasan Mandeh terus dilakukan salah satunya adalah pembangunan Pasar Modern guna menampung kebutuhan masyarakat sekitar dan wisatawan yang berkunjung ke Kawasan ini. 

Dimana pada tahun 2016 lalu dilakukan pembangunan pasar Modern di anau Cerock Tarusan dengan alokasi anggaran APBN sekitar Rp 7 Milyar  namun pembangunannya belum selesai karena alokasi dana tersebut tidak mencukupi.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni kepada Padang Ekspres pembangunan pasar modern di  anau Cerocok Painan tidak selesai pelaksanaannya pada tahun 2016 karena alokasi anggaran yang ada tidak mencukupi, kekurangan tersebut karena kondisi bangunan yang harus dibuat tinggi dan lebih kokoh karena kondisi tanah berdirinya pasar tersebut adalah rawa dan lunak. "Kita telah menyampaikan ini ke Pusat dan meminta kembali tambahan alokasi dana , namun pusat tidak memiliki alokasi dana lagi, maka pada APBD kita anggaran Rp 5 milyar ,"ujarnya 

Dijelaskannya untuk menyelesaikan pembangunan pasar ini membutuhkan tambahan alokasi dana pusat sekitar Rp 5 milyar lagi, ini nantinya digunakan penyelesaian pembangunan, penataan kios kios, pakir,instalasi dan semua keperluan lainnya sehingga pasar yang direncanakan sebagai pasar modern pertama di Pessel bisa selesai sesuai yang diharapkan. 

Dikatakanya, keberadaan pasar semi modren ini nantinya akan menampung kegiatan UKM -UKM warga yang nantinya akan dibangun 40 UKM yang berada di areal lokasi pasar semi modern. 

Sementara itu sarana dan prasarana yang lain yang juga digiatkan pembangunannya di Kawasan Mandeh adalah Pelebaran jalan menuju ke Kawasan yang dimulai dari Simpang  masuk yaitu Jinang Kampung Pansur  hingga ke pelabuhan Cerocok Tarusan. dimana pada tahun 2016 telah dilakukan pembebasan lahan untuk 2 kenagarian yaitu Kenagarian Jinang Kampung Pansur dan Ampang Pulai dan pelaksanaan pembangunan juga telah dilakukan di Kenagarian Jinang dengan lebar jalan 12 meter. 

"Pada tahun 2017 pembangunan pelebaran jalan selanjutnya akan dilakukan di Kenagarian Simpang Ampang Pulai dan pembebasan lahan masyarakat di Kenagarian anau Cerocok juga telah dilakukan dan dialokasikan Rp 100 milyar untuk kelanjutan pembangunan nya  ," ujarnya 

Hendrajoni mengharapkan Masyarakat hendaknya menyadari serta mendukung setiap program dan kegiatan pembangunan serta investasi yang dilaksanakan baik oleh pemerintah, BUMN maupun swasta. Hal itu semata-mata untuk kepentingan masyarakat termasuk pembangunan jalan yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kedepannya . 

Karena semenjak Kawasan Mandeh menjadi destinasi wisata baru dunia, apalagi kawasan ini telah dicanangkan sebagai Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh setiap harinya banyak wisatawan yang datang kedaerah ini untuk berwisata. Namun keterbatasan sarana dan prasarana memang menjadi hambatan,untuk itulah Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengharapkan masyarakat untuk bisa mendukung upaya pemerintah ini guna membantu sarana dan prasarana, salah satunya adalah membantu pemerintah dalam hal pembebasan lahan.

Khusus untuk pengembangan Kawasan Mandeh manfaat dari pembangunan saranadan prasarana yang dibangun dikawasan itu tidak lain adalah untuk masyarakat. Misalnya, pembangunan jalan, jembatan  yang berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat. Begitu juga dengan pengembangan  pariwisata mendunia tentu  dapat membuka lapangan kerja, sekaligus memunculkan multiplier efek ekonomi.(07)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar