Kamis, 17 Agustus 2017/24 Zulqaidah 1438 H|12:45 WIB
Anda berada di: Berita
Banner Atas

Berita

Pessel Bangun 200 Rumah Buat Nelayan

Painan,Juni-- Penanganan khusus dalam pengelolaan ekonomi masyarakat nelayan Pessel perlu ditingkatkan, karena kemiskinan banyak terpokus kepada warga yang disepanjang pantai.Untuk itu Pemerintah kabupaten Pesisir Selatan senantiasa untuk terus bekerja keras dalam memperbaki perekonomian nelayan melalui berbagai program baik itu yang dianggarkan dalam APBN maupun APBD.

Untuk itulah, perbaikan ekonomi masyarakat Pessel akan membangun perkampungan nelayan , pembangunan ini adalah bentuk keperdulian pemerintah dalam sektor kemaritiman  yang menjadi salah satu perhatian utama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).Dimana tujuan pembangunan kampung nelayan ini adalah mendorong pembangunan infrastruktur kampung nelayan sehingga mendorong peningkatan hasil laut guna menciptakan kesejahteraan masyarakat pesisir. 

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni  mengatakan, salah satu program yang dari kementerian Kemaritiman adalah membangun kampung nelayan menjadi kampung yang bersih dan hijau. Karena selama ini kampung nelayan yang ada di Pessel masih kotor dan sembraut dengan kondisi yang kotor, kumuh dan bau.

 "Kita akan bangun 200 rumah warga buat nelayan yang tersebar di Kecamatan yang ada pingiran pantai di Kabupaten Pessel," ujarnya . 

Dijelaskannya pembangunan Kampung Nelayan pada tahun 2017 ini telah mulai kita bangun di Sago Kecamatan IV Jurai sebanyak 50 unit yang mana setiap rumahnya dialokasi Rp 160 juta . Dengan anggaran itu dilengkapi semua sarana dan prasarana yang harus dimiliki oleh sebuah rumah. 

"Rencananya kita juga akan bangun 70 unit rumah lagi di Kecamatan Batang Kapas , sebab masyarakat telah menyediakan lahan sekitar 1 hektar untuk pembangunannya ," ujarnya 

Dijelaskannya dalam kampung nelayan tersebut, akan dibangun beragam fasilitas yang layak bagi para nelayan, salah satunya yaitu fasilitas air bersih. Ketersediaan air yang bersih memang selama ini yang jadi masalah utama dan menjadi sebab timbulnya penyakit bagi masyarakat nelayan."Salah satunya akan tersedia air bersih bagi para nelayan, karena selama ini kampung nelayan itu kotor dan bau. Ini kami ubah," katanya

Dengan program pembangunan perkampungan nelayan ini , diharapkan ekonomi masyarakat meningkat. Dan bagi warga yang ingin perkampungan nelayannya diubah maka masyarakat bisa sediakan lahan sekitar 1 hektar atau 2 hektar untuk pembangunan nantinya ."Kita akan terus berupaya mengait dana dari pusat untuk peningkatan ekonomi masyarakat khsusnya nelayan," ujarnya 

Selain akan membangun kampung nelayan, pemerintah juga telah melaksanakan program asuransi bagi nelayan. Adanya program ini sebagai upaya pemerintah memberikan perlindungan kepada para nelayan karena profesi tersebut rentan terhadap bahaya. Program asuransi nelayan tersebut memberikan bantuan kepada nelayan jika mengalami kecelakaan atau meninggal dunia. Selain itu, anak-anak nelayan juga akan mendapatkan biaya pendidikan agar bisa bersekolah.(07)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar