Selasa, 24 Oktober 2017/3 Safar 1439 H|09:21 WIB
Anda berada di: Berita
Banner Atas

Berita

Bupati Panen Jagung di Kelompok Tani Tunas Muda Pelangai Kaciak

Bupati Panen Jagung di Kelompok Tani Tunas Muda Pelangai Kaciak

Bupati Hendrajoni melakukan panen jagung di Kelompok Tani Tunas Muda Pelangai Kaciak kemarin. 

Painan, Oktober 2017 - Bupati Hendrajoni melakukan panen jagung yang program kerjasama pengembangan padi, jagung dan kedelai dengan TNI AD Wilayah Barat di Keltan Tunas Muda Pelangai Kaciak, Kecamatan Ranah Pesisir, Rabu (11/10).

Kegiatan itu dihadiri Anggota DPR RI, Hermanto, Dandim 0311 Pessel, Letkol Setiya Asmara, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar, Chandra, Kadis Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pessel,  Jumsu Trisno

Ketua Tunas Muda, Kampung Pelangai Kaciak Hilir, Kecamatan Ranah Pesisir, Jamalis mengatakan,  akibat irigasi rusak, petani beralih usaha pengembangan tanaman jagung. "Kami berharap agar pemerintah membantu alat pertanian, perbaikan irigasi, pupuk dan bibit," ucapnya.

Bupati Hendrajoni menyebutkan,  perlu adanya gerakan tanam jagung, namun perlu pembinaan dari OPD terkait. Dalam hal ini juga perlu inovasi sehingga hasil produksi meningkat dan harga yang bersaing di pasaran.

Kemudian keberadaan pihak ketiga juga amat penting, dalam upaya pemasaran, permodalan dan lainnya. "Saya minta petani jagung membangun kemitraan dengan pihak ketiga sehingga ada kepercayaan dalam upaya pengembangan jagung," ucapnya.

Disebutkan, jagung sudah menjadi salah satu komoditas unggulan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat. Selanjutnya, Pessel merupakan daerah potensial dalam pengembangan jagung, dan menjadi daerah pemasok jagung kedua di Sumbar setelah Pasaman Barat.

"Saya mengingat kepada kelompok tani yang menerima bantuan seperti alsintan agar dipergunakan sesuai aturan, dan jangan disalahkan gunakan. Karena mendapatkannya tidaklah mudah serta harganya sangat mahal, " pintanya.

Terkait permintaan petani agar jalan lingkar sepanjang 5 km dan perbaikan irigasi,  Hendrajoni mengatakan, tahun 2018 nanti dianggarkan dananya dalam APBD. (03)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar