Selasa, 30 Mei 2017/4 Ramadhan 1438 H|08:31 WIB
Anda berada di: Berita
Banner Atas

Berita

KPU Pessel Umumkan Syarat Dokumen Dukungan Calon Perseorangan Pilkada 2015

Painan, Mei - 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, mengumumkan syarat penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan tahun 2015.

"Pengumuman kita lakukan di berbagai media massa, baik cetak (koran) maupun media elektronik atau webside (media on line), mulai 24 Mei hingga 7 Juni 2015, " kata Ketua KPU Pesisir Selatan Epaldi Bahar di Painan.

Pengumuman berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Selain itu pengumuman juga berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Keputusan KPU Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 30 Tahun 2015, Tentang Penetapan Syarat Dukungan dan Penyebarannya Bagi Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan Tahun 2015.

Persyaratan dukungan untuk pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan, harus didukung paling sedikit 38.510 jiwa penduduk yang telah memenuhi persyaratan dan tersebar paling sedikit di delapan kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten itu.

Dukungan dibuat dalam bentuk surat pernyataan dukungan berisi monor urut, nama lengkap pendukung, Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau dokumen kependudukan lainnya, jenis kelamin, alamat lengkap, tempat tanggal lahir/umur dan belum/sudah/pernah kawin.

Surat pernyataan tersebut juga ditandantangani atau diberi cap jempol oleh orang yang menyatakan. Kemudian surat disusun berdasarkan kampung, nagari (desa adat) serta dijilid dengan menggunakan Formulir Model B.1-KWK PERSEORANGAN.

Dokumen dukungan direkap tiap-tiap nagari dalam kecamatan dengan menggunakan formulir rekapitulasi jumlah dukungan calon perseorangan model B.2-KWK Perseorangan.

Lembar terakhir dari pengelompokan pendukung per nagari harus ditandatangani oleh bakal calon perseorangan dan dibubuhi dengan materai Rp6.000,-. Semua dokumen pasangan calon perseorangan dibuat dalam rangkap tiga dengan ketentuan yakni satu rangkap dokumen asli dan dua rangkap salinan diserahkan kepada KPU kabupaten setempat.

Satu rangkap dari salinan tersebut, KPU menyerahkan kepada panitia pemungutan suara (PPS) melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK). Sedangkan satu rangkap lagi dari salinan tersebut digunakan sebagai arsip untuk pasangan calon setelah memperoleh pengesahan KPU kabupaten setempat dengan membubuhi paraf dan cap basah.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar