Pesisir Selatan -Masyarakat diminta memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada wisatawan selama berada di daerah wisata.
"Berlaku ramah, hindari pungutan liar serta memberikan informasi tepat merupakan bentuk pelayanan kepada wisatawan yang secara terus menerus mesti ditingkatkan," kata Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan (Disparpora) Pesisir Selatan, Hadi Susilo, Rabu (13/11).
Ia menambahkan, jika hal tersebut tidak dilakukan maka ditakutkan kunjungan wisatawan akan berkurang dari waktu ke waktu.
Menurut dia, keindahan sebuah objek wisata tidak menjadi jaminan terhadap kunjungan wisatawan jika tidak diiringi dengan pelayanan yang baik.
Ia mengungkapkan, dengan banyaknya daerah kunjungan wisata di Pesisir Selatan menuntut masyarakat berlomba-lomba dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.
"Selain objek wisata Mandeh juga ada Pantai Carocok Painan, Jembatan Akar dan objek wisata menarik lainnya, jika masyarakat salah satu daerah kurang baik dalam melayani wisatawan maka dengan sendirinya kunjungan kedaerah tersebut akan sepi dan beralih ke tempat lain," ujarnya.
Hal tersebut menurutnya pada satu sisi berdampak terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan karena ada persaingan. Namun, pada sisi lain jika pelayanan kurang baik maka daerah tersebut akan merugi.
Terkait hal itu, pihaknya secara terus menerus berupaya memberikan imbaun kepada masyarakat karena kunjungan wisatawan memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.
"Hotel, penginapan, rumah makan, pusat oleh-oleh ramai dengan kunjungan wisatawan, jadi akan sangat rugi jika kunjungan wisatawan menurun," sebutnya. (03)